Jangan Takut Jatuh Cinta


kata-kata jatuh cintaGirls, kalian pasti pernah merasakan jatuh cinta kan? Itu loh, perasaan suka sama seseorang, pengennya dekeeet terus sama si dia. Dia dia dia… Ngaku aja, pasti pernah kan? Ngga usah takut, jatuh cinta itu ngga dosa kok, girls. Beneran!

Cinta itu fitrah yang pasti dimiliki oleh setiap insan yang bernyawa. Termasuk kita. Jadi, selama kita masih bernyawa, wajar kalau kita bisa merasakan cinta. Nah, tau ngga girls? Sebenarnya perasaan cinta itu sendiri adalah wujud dari salah satu naluri (gharizah) yang diberikan oleh Allah kepada manusia, yaitu naluri berkasih sayang kepada makhluk (gharizah nau’). Naluri ini diciptakan oleh Allah sudah satu paket dengan penciptaan manusia. Jadi, semua manusia pasti punya gharizah nau’ ini, girls. Baik dia itu muslim ataupun non-muslim, laki-laki maupun perempuan.

Dan ternyata ngga cuma manusia aja lho girls yang punya naluri ini, hewan juga punya. Buktinya, hewan juga bisa jatuh cinta. Lihat aja tuh, Doraemon suka sama Michan, Mickey Mouse demen sama Minnie Mouse, Donald tergila-gila sama Deasy. Hehe… Tapi itu kartun, girls. Kalau yang hewan tulen ya perhatikan aja kucing cowok yang lagi kejar-kejaran sama kucing cewek. Kodok cowok yang lagi gendong-gendongan sama kodok cewek. Itu menunjukkan bahwa mereka sedang jatuh cinta, girls.

Tapi kita tidak perlu membahas lebih dalam tentang kisah cinta di kalangan hewan ya, girls. Karena mereka itu tidak dikaruniai akal oleh Allah. Jadi wajar kalau ungkapan cinta mereka cenderung “brutal”, dan tanpa pikir panjang. Lawong mereka memang ngga bisa mikir. Beda ceritanya sama kita, manusia, yang dikaruniai akal oleh Allah. Kisah cinta kita tentu lebih elegan daripada hewan.

Bagaimana ketika perasaan cinta datang menghampiri kita? “Gawat! Aku suka sama si A…”. Ngga usah khawatir, girl. Sekali lagi perasaan ini fitrah, ngga dosa. Nah, yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana penyikapan kita terhadap perasaan cinta yang mulai bergejolak dalam hati itu. Pada kondisi ini kita perlu melibatkan akal, agar kita tidak sama dengan hewan, girls. Akal kita libatkan untuk berpikir tentang sikap seperti apa yang seharusnya kita lakukan, serta sikap seperti apa yang benar dan diperintahkan oleh Allah ketika menghadapi perasaan jatuh cinta. Penyikapan cinta inilah yang nantinya bisa mengantarkan kita pada dosa atau pahala. Berujung dosa jika sikap kita tidak dilandaskan pada aturan Allah, dan berujung pahala jika sikap kita disesuaikan dengan syariat-Nya.

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada para wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) terlihat…” (TQS. An-Nur: 30-31)

Dua ayat tersebut rupanya telah gamblang menjelaskan kepada kita, bahwa cinta tak boleh diumbar. Ia harus ditundukkan di atas syariat. Allah telah mengajarkan dan memerintahkan kita untuk senantiasa menjaga pandangan kita, girls. Maka, inilah bentuk penyikapan yang sangat terhormat yang telah diatur oleh Allah untuk menghadapi rasa cinta yang belum halal.

“Pandangan adalah anak panah beracun dari anak panah Iblis. Siapapun yang menghindarkannya karena takut kepada Allah, Allah akan mengaruniakan keimanan, yang ia temui rasa manisnya di dalam hati.” (HR. Al-Hakim)

So, wajib dijaga dan dipastikan ya girls, agar rasa cinta yang singgah itu tidak menjerumuskanmu pada kemaksiatan. Gara-gara jatuh cinta, kamu jadi mikirin dia terus, terbayang-bayang wajahnya. Akhirnya kamu malah tergoda untuk sms-an, telpon-an, chatting-an, mention-an sama dia. Rajin stalking-in facebooknya, ngepo-in twitternya, ngintip-in instagramnya, nyimpen-in foto-fotonya, sampe susah payah nyari tau pin bb nya. Nah, ini yang ngga boleh, girls. Dosa. Ini namanya zina hati, zina pikiran, zina mata. Inget pesan Raihan, girls. Jagalah hati…

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (TQS. Al-Isra’: 32)

Tapi kamu ngga perlu takut jatuh cinta, girls. Bagaimanapun juga perasaan itu pasti bakalan bertamu ke hatimu. Karena itu adalah naluri yang menjadi fitrah manusia. Yang perlu kamu ingat, ketika rasa cinta itu hadir maka berikan sikap tegas untuk menyambutnya, yaitu dengan menikah atau berpuasa.

“Wahai sekalian para pemuda, barang siapa di antara kalian yang telah mampu untuk menikah maka hendaklah ia menikah, karena menikah dapat lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa adalah penjaga baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

– Zakiya El Karima –

3 thoughts on “Jangan Takut Jatuh Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s