BBM Naik: Penguasa Khianat, Rakyat Melarat


Malang- “BBM mau naik lagi, sudah pasti rakyat yang rugi!”. Begitulah slogan yang berulang kali diteriakkan oleh ratusan massa Hizbut Tahrir Indonesia yang tergabung dalam aksi tolak kenaikan harga BBM pada Ahad (9/11). Aksi damai yang dilakukan dengan longmarch dari jalan Raya Dieng hingga Alun-alun Kota Malang ini dimulai sejak pukul 8.00 WIB.

Aksi ini dilakukan dalam rangka mengkritisi kebijakan pemerintahan baru Jokowi-JK yang akan menaikkan harga BBM. Alasan utama pemerintah adalah untuk mengurangi beban subsidi yang sangat besar dan membebani APBN. Namun, sebagaimana yang disampaikan dalam aksi ini, bahwa alasan pemerintah tersebut justru akan menyengsarakan rakyat. Pasalnya, 65 persen pengguna BBM adalah rakyat kelas bawah dan miskin. Selain itu, dari total jumlah kendaraan di Indonesia yang mencapai 53,4 juta (2010), sebanyak 82 persen diantaranya merupakan kendaraan roda dua yang kebanyakan dimiliki oleh kelas menengah ke bawah.

Kebijakan kenaikan harga BBM ini juga dianggap memperkuat liberalisasi migas, yaitu dengan memberikan hak yang lebih besar kepada swasta (asing) untuk menguasai migas, serta mengurangi peran negara dalam pengelolaan migas, yang diwujudkan dengan pengurangan subsidi.

“Jadi jelas sekali bahwa kebijakan menaikkan harga BBM ini adalah bentuk pengkhianatan terhadap rakyat,” ungkap salah satu orator.

Atas dasar inilah Hizbut Tahrir Indonesia DPD II Malang Raya menggelar aksi tolak kenaikan harga BBM. Hizbut Tahrir Indonesia juga mengingatkan bahwa kebijakan menaikkan harga BBM dan meliberalkan pengelolaan migas merupakan kebijakan yang bertentangan dengan syariat Islam, karena dalam Islam migas merupakan barang milik umum yang pengelolaannya diserahkan kepada negara untuk kesejahteraan rakyat. Selain itu, menaikkan harga BBM juga dinilai mampu mendorong timbulnya gejolak sosial akibat tekanan ekonomi yang menghimpit rakyat. [LI MHTI Malang]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s