Pilihan Hidup


Seorang aktivis yang sangat idealis, kadang hampir tak dapat dibedakan dari golongan Sosialis. Termabukkan oleh keindahan filsafat dan dengungan anti-kemapanan. Buku-buku tebal beraliran ‘kiri’ tampak berjajar rapi di atas meja kerjanya. Kisah heroik Tan Malaka, perjuangan Soe Hok Gie, hingga pemikiran Karl Marx. Semua telah dilahap habis oleh akalnya. Namun, di mana buku-buku bersampul putih dengan goresan tinta merah dan hitam yang dulu ia nukil seminggu sekali? Tak satu pun terlihat oleh mata. Mungkin telah ia jual, atau telah ia wariskan untuk saudaranya yang masih ‘hidup’.

aktivis6Sungguh sangat disayangkan, sang aktivis itu kini telah berubah haluan. Idealismenya berpindah, dari haluan kanan ke haluan kiri. Ini mengejutkan dan tak pernah kusangka. Dulu, ia meneriakkan anti-Kapitalisme. Sekarang, ia tetap meneriakkan teriakan yang sama tapi dengan pemecahan yang berbeda, Sosialisme. Bukankah ini yang dinamakan kemunduran berpikir? Setidaknya kalau kau tak rela mengatakan kemerosotan atau kesesatan berpikir. Bagaimana tidak? Islam itu telah mengajarkan kita berpikir cemerlang. Kenapa justru terjerumus pada pemikiran bathil Sosialisme, yang mendikte dengan logika tak masuk akal?

Aku masih menebak-nebak, apa yang menjadikannya tergiur untuk menikmati ide ‘kapak dan palu’ itu? Mungkin karena akalnya terlalu rakus. Hingga menjadikannya tak pernah puas dengan bukti naqliy. Ah, manusia itu terlalu sombong. Ingin memikirkan semua kalam yang tak terjangkau oleh akalnya yang serba lemah. MasyaAllah

Namun, sekali lagi, hidup adalah pilihan. Dan setiap pilihan yang kita pilih pasti akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan-Nya kelak. Maka jangan sampai kita salah memilih. Semoga masih ada kesempatan untuk memperbaiki pilihan hidup kita di masa mendatang.

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang
dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS. Al-Qashash: 56)

One thought on “Pilihan Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s